Glock 17, senjata ukuran berapa? kalibar berapa? ini penjelasan lengkapnya!

Glock 17 dan HS-9 adalah senjata yang digunakan polisi dalam penembakan di gedung markas Propam. Diketahui, dua polisi terlibat, Brigadir Jenderal J dan Bharada E.

Saat penembakan, Barada E menggunakan senjata Glock 17 dan Brigadir Jenderal J menggunakan senjata HS-9. Komodor J tewas dalam baku tembak. Berikut informasi lebih lanjut tentang pistol Glock 17 dan HS-9 (senpi).
Glock 17. Spesifikasi Pistol

Menurut situs Glock AS, Glock 17 adalah senjata pistol (senpi) yang digunakan oleh personel polisi dan militer di seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui bersama, senjata Glock 17 memiliki kapasitas magasin 17 peluru dan ringan.

Berikut spesifikasi senjata Glock 17 :

Kaliber: 9x19 mm
Sistem: Tindakan Aman
Kapasitas majalah
- Standar: 17
- Opsional: 19/24/31/33
Panjang Laras: 114mm/4.49"
Berat
- Tanpa Majalah: 625 g / 22,05 oz
- Majalah Kosong: 705g/24.87oz
- Majalah berisi: 915 g / 32,28 oz
Tarik Pemicu: 28 N

Glock 17 dan HS-9 adalah senjata yang digunakan polisi dalam penembakan di gedung markas Propam. Orang-orang yang terlibat adalah Komodor J dan Bharada E. Glock 17 adalah senjata yang digunakan oleh Bharada E dalam penembakan polisi di gedung markas Propam pada hari Jumat (7 Agustus 2022)

HS-9 Spesifikasi Pistol

Senjata HS-9 termasuk senapan yang ditembakkan oleh striker, kata situs web HS Produkt. Tekstur bingkai pada HS-9 memungkinkan posisi tangan yang lebih tinggi untuk kontrol yang lebih baik saat menembak dengan cepat.

Berikut rincian senjata HS-9:

Kaliber: 9x19 mm
Berat
- Tanpa majalah: 700 g
- Majalah kosong: 86 g
Kapasitas Majalah: 16/17
Panjang keseluruhan: 180.5mm
Panjang Laras: 103.5mm
Tinggi: 140mm
Lebar: 33mm

Glock 17 dan HS-9: Senjata Polisi Standar

Pada Jumat (7 Agustus 2022), terjadi baku tembak antara Brigjen J dengan Brigjen Barada E di rumah Kepala Divisi Propam Polres Duren Tiga, Jakarta Selatan. Dalam insiden itu, Brigadir Jenderal J dinyatakan tewas setelah ditembak oleh Bharada E.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, Barada E menggunakan senjata jenis Glock 17 sedangkan Brigjen J menggunakan senjata jenis HS-9.

“Perlu kami jelaskan bahwa RE bersaudara menggunakan senjata Glock 17 dengan magasin maksimum 17 peluru. Di TKP kami menemukan barang bukti yang kami temukan di dalam peluru sebanyak 12 butir. Artinya 5 butir peluru yang diambil oleh pihak RE bersaudara. Diludahi atau dipecat,” kata Budhi seperti dikutip detikcom, Rabu (7 Desember 2022).

“Pada waktu Saudara J, kami menemukan dan mendapatkan fakta bahwa dia menggunakan senjata jenis HS, dengan 16 peluru di majalah, kami menemukan bahwa ada 9 peluru yang tersisa di majalah. Itu berarti 7 peluru yang ditembakkan, yaitu Di sesuai aturan saat itu. Ditemukan tujuh luka tembak di tembok TKP,” tambah Budhi.

Budhi juga mengatakan, senjata Glock 17 dan HS-9 merupakan senjata standar dinas milik Polri. Selain itu, polisi dilengkapi dengan senjata tugas.

“Senjata-senjata ini senjata standar, senjata resmi polisi, memang dilengkapi. Jadi rekan-rekan, itu tugas asisten atau pengawal untuk melindungi orang yang dikawal. Tentu saja melindunginya, karena polisi memang alat dengan senjata ya, dia bersenjata. Jadi ini sudah sesuai dengan standar prosedur operasi dan prosedur standar polisi,” jelas Budhi.

Posted in Umum

Tags - glock 17pistolsenjata